Jumat, 23 Desember 2016

Mengapa Pebisnis Perlu Komunitas?

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial.  Tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain.  Kebutuhan orang lain tersebut, salah satunya bisa dipenuhi dengan berkelompok atau berkomunitas.  Tentu saja, komunitas yang diikuti adalah komunitas yang mempunyai profesi sama, tujuan sama, atau ide sama.  Begitu pula dengan pebisnis, khususnya pebisnis pemula.  Mereka memerlukan komunitas. 


Sumber gambar : pebisnis.co.id

Mengapa pebisnis perlu komunitas?  Saya akan menguraikan beberapa hal yang bisa didapatkan dari komunitas.

1.Pebisnis Perlu Distributor

Pebisnis yang sukses perlu dukungan orang lain untuk mau memperdagangkan produknya.  Di komunitas, pebisnis bisa membranding diri dan produk.  Dari sekian anggota komunitas mungkin tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan.  Salah satu atau lebih dari anggota komunitas kemudian menjadi distributor / reseller barang dan atau jasa tersebut.
Dalam hal ini, berarti komunitas yang diikuti tidak hanya komunitas yang satu profesi pebisnis.  Tetapi pebisnis bisa mengikuti komunitas atau kelompok lain, seperti komunitas menulis, grup alumni sekolah, grup penjual, dan sebagainya.

2.Konsumen

Setelah pebisnis menemukan orang yang menjual jasa atau produknya (distributor / reseller), pebisnis memerlukan konsumen.  Konsumen yang banyak, juga bisa didapat dari komunitas.  Sama halnya dengan mencari distributor / reseller, untuk menjaring konsumen, pebisnis perlu mengikuti berbagai komunitas.

3.Menumbuhkan Ide Kreatif

Komunitas juga diperlukan pebisnis untuk dapat memberikan masukkan atau ide-ide tentang bisnisnya.  Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang selalu mengalami inovasi.  Karena konsumen juga akan mendekat dan tertarik dengan inovai-inovasi baru.  Bagi pebisnis yang menjual produk, inovasi harus terus dilakukan agar konsumen tidak berpindah ke lain “hati”. Pebisnis yang menjual jasa, inovasi harus dilakukan agar setiap jasa yang diberikan memuaskan konsumen dan mengajaknya kembali apabila memerlukan jasa lagi.  Di komunitas pebisnis, biasanya banyak sesi-sesi sharing yang dibuat dengan menghadirkan pebisnis-pebisnis lain yang sudah lebih dulu hadir di bidangnya dan lebih maju.  Hal tersebut membantu pebisnis mencari  ide dan inovasi-inovasi baru.

4.Tempat Belajar

Di komunitas, pebisnis bisa terus belajar.  Belajar dari pebisnis lain yang sudah lebih senior dan atau belajar dari training-training yang terkadang diadakan dari suatu Pebisnis nggak boleh berhenti belajar.  Pebisnis harus selalu merasa seperti belum tahu apa-apa atau komunitas.  gelas kosong istilahnya, agar dapat belajar hal yang “baru”.  Hal yang mungkin sudah diketahui sebelumnya, tetapi lupa atau belum diterapkan. 
Pebisnis harus mau berinvestasi uang dan waktu untuk terus menerus belajar.  Biasanya komunitas memenuhi kebutuhan pebisnis akan hal tersebut.

5.Bertemu dengan Partner

Pebisnis memerlukan partner atau teman yang selalu bisa mendorong atau memotivasi.  Pebisnis juga manusia, apalagi bila pebisnis tersebut sekaligus ibu rumah tangga.  Perasaan manusia terkadang mengalami pasang-surut.  Di suatu hari ia semangat, di hari lain ia malas.  Terkadang berani, esok bisa ragu-ragu dan takut.  Dengan menjalin komunikasi dengan sesama pebisnis satu profesi, pebisnis bisa bertemu dengan orang-orang yang pantang menyerah.  Bertemu dengan orang-orang yang selalu semangat dalam menghadapi tantangan kehidupan.  Karena memulai dan melanggengkan bisnis bukan yang mudah. Dari sesi-sesi sharing dengan teman komunitas, pebisnis dapat melihat bagaimana orang lain bisa jatuh dan bangun dengan lebih sukses.  Kesuksesan didapat dari orang-orang yang meu bekerja keras.  Bukan dari orang-orang yang lemah.

Itulah 5 hal penting yang bisa pebisnis dapatkan dari komunitas.  Intinya, dengan berkomunitas / berkelompok pebisnis mendapatkan dan memperluas teman dan jaringan.  Teman dan jaringan adalah orang-orang yang membentuk kesuksesan pebisnis.  Teman, tempat kita sharing, dialog, dan tukar pikiran demi meraih kesuksesan yang gagah.  Teman juga partner agar motivasi terus terjaga dan abadi.  Pebisnis butuh teman juga untuk mendapatkan ide-ide, mimpi-mimpi besar, dan semangat tak terpatahkan. 

Ayo ikuti komunitasmu!  Ayo memperluas dan memperbanyak jaringan dan teman!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar