Senin, 19 Desember 2016

Tips Cantik Emak Berjilbab


Sumber gambar : pixabay.com
Zaman sekarang, jilbab bukan lagi sekedar penutup aurat. Tapi jilbab bagian dari fashion muslimah. Sehingga semakin banyak muslimah dari berbagai kalangan yang menggunakannya. Hal ini juga mempengaruhi berbagai model jilbab dari yang biasa sampai instan. Emaks biasanya ingin juga menggunakan jilbab yang menurutnya cantik. Hanya saja terkadang terbentur dengan waktu dan keadaan. Sulit menggunakan jilbab dengan berbagai model, jika Emaks punya balita. Selain waktu persiapan nggak ada, jilbab tersebut juga hanya sebentar bertahan dengan bentuk “indahnya” karena akan rusak oleh si balita. Beberapa tips memilih jilbab agar Emaks bisa tetap tampil cantik antara lain :

1. Jilbab syar’i
Apapun bentuk jilbab yang Emaks ingin pakai, hendaknya tetap pada tujuan penggunaan jilbab yang utama, yaitu menutup aurat. Jilbab yang digunakan tidak harus panjang sekali, yang penting menutup dada dan leher.

2. Pilih jilbab yang cocok dengan gaya dan kepribadian Emaks
Nggak semua yang terlihat cantik dipakai orang lain, akan cantik juga jika Emaks pakai. Setiap orang punya auranya sendiri. Kalau memang Emaks lebih cocok pakai jilbab dengan model biasa yang sederhana, pakailah yang seperti itu. Untuk menambah indah bisa ditambahkan dengan accessoris jilbab. Dan cocok atau tidaknya Emaks dengan jilbab yang Emaks pakai, bisa ditanyakan kepada orang-orang di sekitar Emaks ketika memakainya. Pernahkan emaks keluar rumah dan mendengar komentar, “Cantik dan segar sekali kelihatannya hari ini? Atau “Bagus jilbabnya, beli di mana?” Itu artinya jilbab yang Emaks gunakan cocok dengan wajah dan karakter Emaks.

3. Pilih jilbab instan yang cocok dengan bentuk wajah
Jilbab yang paling mudah digunakan untuk Emaks pilih adalah jilbab instan. Praktis pemakaiannya dan nggak menyulitkan ketika dipakai. Jilbab instan saat ini ada berbagai model. Pilih jilbab instan yang sesuai dengan bentuk wajah Emaks. Jangan pilih hanya sekedar karena Emaks suka warna dan modelnya. Kalau wajah Emaks bulat, pakai jilbab yang tidak terlalu kencang mengikat wajah dan lebih menutup pipi. Wajah yang lonjong agak lebih mudah memilih, karena bisa cocok dengan bentuk jilbab manapun. Perhatikan pula bahan jilbab yang Emaks pakai. Jangan menggunakan bahan yang tidak nyaman. Biasanya, tiap merk jilbab punya bentuk sendiri. Kalau nyaman ketika dipakai, berarti Emaks cocok dengan jilbab tersebut.

4. Pilih warna jilbab yang pas dengan kulit wajah Emaks
Seorang pembicara pada seminar kepribadian memberikan tips memilih warna jilbab, warna jilbab yang Emaks pakai hendaknya tidak lebih menonjol dari warna kulit wajah kita. Emaks bisa menghadap cermin dengan jilbab ditempel di pipi. Kalau dengan begitu wajah Emaks tampak lebih segar dan sehat, berarti warna tersebut. Emaks yang berwajah putih, pilihlah jilbab dengan warna tegas, seperti hitam, ungu, dan coklat. Jangan pilih warna jilbab soft, karena wajah Emaks akan terlihat bertambah putih dan pucat. Untuk Emaks yang berwajah sawo matang, sebaiknya tidak memilih jilbab dengan warna emas, seperti coklat, caramel, dan orange. Sebaliknya jika Emaks berwajah hitam, cocok dengan warna-warna soft, seperti kuning dan pink, atau jilbab dengan warna kontras seperti merah.

5. Pakai ciput atau dalaman
Yang satu ini jangan lupa ya Maks! Agar jilbab yang kita pakai mudah membentuknya dan tidak mudah bergeser.


Mudah bukan untuk tetap berpenampilan cantik, meski berhilbab dan rempong dengan anak? Yang penting Emaks selalu menjadi diri sendiri dan percaya diri.  Dan yang terpenting, kecantikan dari hati atau inner beauty.

2 komentar: