Minggu, 01 Januari 2017

Ini Dia Empek-Empek Syahra! Produksi di Jakarta, Rasa Khas Palembang

Empek-empek merupakan makanan yang mempunyai komposisi utama ikan (biasanya ikan tenggiri) yang dihaluskan dan dicampurkan dengan sagu.  Dalam penyajiannya, empek-empek selalu bersama dengan cuka, yaitu cairan berwarna kehitam-hitaman, campuran air mendidih dengan gula merah, bawang putih, dan cabe rawit dihaluskan.  Makanan ini terkenal sebagai makanan khas Palembang, walaupun pada dasarnya hampir seluruh masyarakat Sumatera Selatan bisa membuatnya.
Sekitar 20 tahun lalu, saat masa kuliah di IPB, saya mengenal empek-empek.  Maklumlah, saya baru mengenal berbagai jajanan memang memasuki masa kuliah.  Itu pun saya kenal lewat penjual keliling.  Dan rasanya?  Waktu itu saya menganggap empek-empek bukanlah makanan yang enak.  Karena setelah itu saya tidak pernah mencobanya lagi.
Barulah ketika menikah, saya berani mecoba empek-empek lagi.  Untuk menyenangkan suami yang sudah susah payah membelikannya! Hmm… Ternyata enak.  Berbeda sekali rasanya dengan pertama kali saya mencobanya.  Apalagi seorang kerabat kemudian mengirimkan empek-empek dengan merk terkenal dari kota Palembang, bertambah kesukaan saya dengan kuliner ini.  Ini empek-empek yang paling enak yang pernah saya coba.  Sayang, asalnya dari kota aslinya, Palembang.  Jauh!  Nggak bisa sering-sering beli.
Sampai sebulan lalu.  Dari perkenalan dengan salah satu grup WA teman sekolah, ada yang menawarkan empek-empek “SYAHRA”.  Temen-temen heboh. Katanya enak banget dan dijamin halal! Ada di Jakarta!   Penasaran deh.  Saya ikutan pesan beberapa bungkus, karena harga per bungkusnya juga nggak mahal.

Jadilah saya menemukan empek-empek khas Palembang yang bener-bener top.  Namanya empek-empek “SYAHRA”.  Tempat pembuatannya, di daerah Jagakarsa.  Begitu pesan, bisa langsung kirim via Gosend dan sejenisnya.  Mudah bukan?  Kapan aja bisa pesan kalau lagi pingin.  Ini no kontak teman saya yang memproduksi empek-empek “SYAHRA”,  081271151080.  Silakan mencoba! Dijamin ketagihan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar