Kamis, 12 April 2018

7 Tips Agar Sukses Jualan Produk Baru dalam Waktu Singkat


Sumber : pixabay.com

Sekarang ini bisnis atau wirausaha diminati banyak orang.  Dapat dikatakan, bahwa banyak orang bermimpi ingin menjadi pebisnis yang sukses.  Namun, hanya sedikit yang benar-benar menjadikan mimpinya terwujud.  Lebih sedikit lagi yang kemudian suskes dalam bidangnya.  Apalagi jika usaha yang dijalankan adalah membuat produk baru atau sebagai reseller produk yang masih baru.

Ada banyak langkah yang dikemukakan oleh ahli pemasaran dan komunikasi tentang cara menjual atau menghasilkan produk baru yang laris.  Secara umum, dapat disimpulkan ada 4 langkah atau tipsnya.  Tips tersebut, yaitu :
  1. Riset Pasar.  Sebelum produk dihasilkan, pebisnis yang ingin memulai usaha sebaiknya riset pasar terlebih dahulu.  Riset ini mencakup kebutuhan konsumen, daya beli, dan target pasar yang akan dibidik.  Produk dibuat bentuknya setelah hasil riset.
  2. Promosi.  Ketika sudah memastikan produk yang akan dihasilkan, maka selanjutnya adalah melakukan promosi.  Promosi dilakukan tidak harus menunggu produk jadi atau launching.  Sejak pertama kali keinginan tersebut terbesit, promosi sudah bisa dilakukan.  Ini juga dapat dilakukan sebagai riset pasar.  Misalnya, di media sosial bisa dibuat status, “Kalau saya ingin membuat produk gamis, gamis seperti apa yang Temans sukai?”.  Sampai produk lanunching dan pemasaran dilakukan, promosi terus dilakukan.  Termasuk bagian dari promosia adalah mengedukasi kelebihan dari produk yang dibuat.  Promosi yang konsisten akan mebentuk branding yang kuat.
  3. Inovasi.  Mungkin banyak produk sejenis yang dijual di pasaran.  Agar produk cukup bersaing, buatlah inovasi produk.  Misalnya dari segi bentuk, segi kemasan, kualitas bahan, limtid edition, dan sebagainya.  Jika harga produk mahal, disebutkan dalam promosi mengapa mahal.
  4. Pelayanan Terbaik.  Selanjutnya, ketika produk sudah launching berilah pelayanan yang terbaik pada konsumen.  Misalnya fast respons dan waktu pengiriman yang cepat.  Dengan demikian, konsumen akan senang dan suatu saat membutuhkan akan membeli kembali.  Konsumen yang terpuaskan juga akan membuat testimoni baik.  Secara tidak langsung akan mengajak orang lain untuk membeli.

Bagaimana kalau bisnis kita adalah reseller atau agen atau distributor dari produk yang amsih baru?  Nida, Young CEO Digital di Indblack memberi beberapa tips berikut dalam live video pagi ini, Kamis, 12 April 2018.
  1. Mempunyai Pengalaman dengan Produk.  Seorang reseller atau agen atau distributor mempunyai pengalaman menggunakan produk yang dia jual.  dengan testimoni sendiri pembeli akan elbih mempercayainya.
  2. Membangun Branding.  Branding tentang produk baru yang akan dijual dibangun bersama dengan pemilik produk.  Dan ini harus dilakukan secara terus menerus bersamaan inovasi produk dan edukasi.
  3. Promosi Konsisten.  Promosi yang konsisten juga terus dilakukan.  Dengan konsistensi orang akan mengetahui apa yang kita jual, baik produk barang atau jasa.  Suatu saat jika membutuhkan, orang akan mengingatnya.

Sulitkah menjual produk baru dengan tips di atas?  Pertanyaan ini tergantung dari kita sendiri untuk menjawabnya.  Karena tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai tanpa kerja keras.
Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar