Sabtu, 21 April 2018

Menjadi Mompreuner Sukses

Peringatan Hari Kartini, 21 April 2018 (2)

Mompreuner atau perempuan enterpreuner yang sukses, banyak yang menginginkannya.  Namun, tidak semua orang berhasil.  Karena untuk menuju kesuksesan perlu kerja keras dan proses yang panjang.  Proses yang di dalamnya ada jatuh bangun.  Tidak semua orang bisa mengatasinya. 

Itulah kira-kira yang dapat disimpulkan dari Teh Indari Mastuti founder dari banyak perusahaan seperti Indscript Creative, Sekolah Perempuan, Sekolah Gratis Indonesia, yang juga penulis.  Teh Iin, begitu sapaannya, menyampaikan beberapa langkah menjadi perempuan enterpreuner sukses dalam bedah buku dalam rangka menyambut Hari Kartini, yang diselenggarakan oleh Telkom Corporate University dan disiarkan dalam chanel youtube.  Buku pertama yang dibedah adalah Merry Riana, Langkah Sejuta Suluh, The True Story' yang ditulis oleh Clara Ng.  Sementara buku kedua adalah Girl Code, Unlocking The Secret to Success, Sanity, and Happiness. 

Dalam kesempatan tersebut, Teh Iin membuat 5 langkah menjadi mompreuner sukses, berdasarkan kedua buku.  Langkah tersebut, yaitu :

1.Memiliki Motivasi

Langkah pertama tentu saja mengenal diri sendiri dan mencari motivasi dan visi yang jelas dalam hidupnya.  Contohnya, motivasi Merry Riana adalah bebas finansial sebelum usia 30 tahun.

2.Tidak Berhenti Belajar dan Action

Belajar dan action adalah dua hal yang tidak terpisah.  Seseorang tidak bisa berhasil jika hanya belajar tanpa action.  Begitu pula sebaliknya.

3.Menduplikasi Keberhasilan Mentor

Jika ingin seperti Merry Riana ikuti semua langkah keberhasilannya.  Jika ingin sukses seperti Teh Indari Mastuti, juga harus mengikuti semua langkahnya.  Tidak bisa setengah-setengah.

4.Menggali Networking Tanpa Batas

Orang yang sudah mempunyai networking atau dari keluarga yang cukup, belum tentu bisa berhasil dan sukses.  Pebisnis sendiri yang harus menggali networking tanpa batas di setiap kesempatan. Tidak malu memperkenalkan diri pada siapa saja, termasuk pada orang yang tidak kenal.

5.Melakukan Strategi Berbeda
Melakukan strategi yang berbeda, di luar jangkauan atau kebiasaan orang lain menjadikan kesuksesan bertambah.  Misalnya dengan strategi gila Merry Riana yang membuka konsultasi produk yang dijualnya selama 24 jam.

Sulitkah?  Tentu saja sulit.  Semua orang sukses melaju berbagai proses menyenangkan dan menyakitkan. Jika kita ingin sukses, jangan hanya melihat suksesnya saja.  Lihat juga semua proses yang dilalui. 

Semoga bermanfaat.



Sumber Foto : Indari.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar