Senin, 11 Juni 2018

8 Tips Nyaman Mudik


Hai Temans!

Sudah bersiap mudik alias pulkam atau pulang kampung? Yes, ini acara tahunan yang banyak dinanti hampir semua perantau.  Meski jalan macet dan berdebu sekalipun, pemudik tidak pernah menurun jumlahnya tiap tahun.

Tidak semua orang menikmati perjalanan yang menyenangkan selama di jalan.  Macet, kehabisan bensin, sulit cari toilet, sulit cari tempat sholat, dan sebagainya.  Ditambah anak-anak yang tidak sabar menanti. 

Kali ini, kita bahas sedikit apa saja yang harus disiapkan menjelang mudik.  Walaupun agak terlambat, karena beberapa pemudik saat ini sudah sampai kampung halaman.  Yuk simak tipsnya.

1.  Bawa Pakaian Seperlunya

Temans aja mudik bukan akan pindah rumah.  Jadi, bawa saja pakaian seperlunya.  Toh di sana, beberapa orang tetap akan mencuci juga.

2.  Lipat Pakaian Simple

Melipat pakaian dengan  menggulungnya rapi dapat membantu mengurangi ruang tas Remans.  Sekarang cara ini banyak dibahas di YouTube.

3.  Persiapkan Kendaraan

Jika mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan bahwa kondisinya aman.  Cek dulu ke bengkel.  Mudik adalah perjalanan jauh. Keamanan dan keselamatan sangat penting.  Simpan nomor yang bisa dihubungi jika ada masalah dengan kendaraan.  Jangan lupa menyiapkan juga bensin cadangan.

4.  Pakaian Simple

Selama dalam perjalanan Teman dapat menggunakan pakaian simple.  Ini juga akan memudahkan dan membuat nyaman di kendaraan. 

Untuk perempuan, pakaian gamis lengkap dengan kaos kaki akan memudahkan.  Jika ingin sholat, dapat langsung digunakan sekaligus sebagai mukena.  Atau bawalah mukena ringan berbahan parasut.

5.  Siapkan Obat Keluarga

Obat keluarga, diletakkan pada tempat terjangkau.  Hal ini akan memudahkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

6.  Siapkan Makanan di Perjalanan

Jika Temans mudik menempuh jarak cukup jauh, siapkan makanan untuk berbuka dan teman di malam hari.  Makanan akan membuat anak-anak menyukai perjalanannya.

7.  Bawa Barang Kecil yang Disukai Anak

Barang kecil yang disukai anak dapat dibawa agar nyaman selama di jalan.  Barang tersebut, seperti buku, mainan, dan sebagainya.

8.  Istirahat

Tetap dalam kondisi siaga berlaku untuk mudik dengan angkutan umum atau pribadi.  Di angkutan umum, Temans dapat bergantian istirahat dengan anggota keluarga lain.  Sedangkan untuk pengendara mobil pribadi, akan lebih baik jika di mobil ada supir yang bergantian.  Atau beristirahat setiap beberapa jam sekali agar fit.


Demikian Tips Mudik Nyaman yang dapat diikuti.  Untuk Temans perempuan, gamis dengan berbagai pernik lengkap akan memudahkan, khususnya bila sudah tidak memiliki balita. Dengan gamis, kaos kaki, apalagi dilengkapi handsock, Temans sudah dapat langsung shalat tanpa menurunkan mukena di perjalanan.



Sumber gambar : Pikiranrakyat.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar