Selasa, 31 Juli 2018

Ini Dia Cara Sukses Menjadi Penulis


Temans, ada yang ingin jadi penulis?  Atau ada yang sudah mulai ikutan training kepenulisan?  Terus, merasa belum ada hasilnya?  Padahal, menurut Teh Indari, founder Inscript Writing, menulis nggak memerlukan bakat lho!  Wah, gimana caranya agar berhasil tanpa perlu bakat?

Berdasarkan pengalaman pribadi, ikut training kepenulisan, dan berbagai buku, ini dia cara sukses menjadi penulis.

1. Tetapkan Target

Penulis ada berbagai macam jenis sesuai tulisannya.  Ada penulis novel, penulis artikel, reporter, dan sebagainya.  Nah, tuliskan dalam dreamboard atau papan impian Temans ingin menjadi penulis bagaimana.  Sekedar hobi dan kesenangan atau target penghasilan.  Jika Temans ingin semuanya, targetkan satu persatu.

Temans yang suka menuliskan novel, misalnya dapat menargetkan menulis satu novel dalam 4 bulan.  Temans yang ingin menulis untuk bisnis dapat menargetkan penghasilan yang diinginkan.  Jangan lupa, tuliskan prosesnya  ya!  

2. Belajar dan Berlatih

Untuk penulis pemula, action pertama adalah belajar dan berlatih.  Belajar sendiri dari berbagai media internet yang ada sekarang ini sangat mudah.  Belajar online dengan mengikuti training kepenulisan juga banyak.  Untuk training Temans dapat mengikuti yang berbayar dan tidak dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan ikut training tentu saja ada mentornya. Bersama mentor, biasanya menulis lebih termotivasi.  Mentor juga akan memberi latihan plus tugas.  Tetapi semuanya kembali pada diri sendiri.  Mengatur waktu atau manajemen waktu intinya.  Selalu meluangkan waktu untuk menulis dalam daily activity. 

3.  Ikut Grup Kepenulisan

Mengikuti grup kepenulisan, seperti Ibu-Ibu Doyan Nulis, Komunitas Bisa Menulis, dan lain-lain akan menambah motivasi.  Di sana akan banyak even yang bisa diikuti dan menambah semangat.  Plus ilmu-ilmu tentang menulis sering dibagikan..


Itu saja cara sukses menjadi penulis ala saya.  Yuk belajar bersama.  Salam bahagia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar