Senin, 25 Mei 2020

Menjadi Penulis Artikel Profesional, Usaha yang Bagus di Masa Pandemi

Tidak ada yang menyangka tahun ini pandemi menyerang hampir seluruh dunia. Hampir seluruh segi kehidupan berubah. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Yang masih bekerja, beberapa di antaranya sudah tidak menerima lagi gaji secara utuh. Pekerjaan freelance yang sering kali dianggap sebelah mata, mulai banyak dilirik. Salah satunya adalah menjadi penulis artikel profesional.

Sumber gambar: pixabay.com

Apa yang dimaksud dengan penulis artikel di atas? Penulis profesionl adalah seseorang yang pekerjaannya menerima jasa menulia berbagai artikel. Artikel ini mungkin saja dimuat di surat kabar alias koran. Namun, kebanyakan kini artikel banyak dipublish di media online.

Prospek Penulis Artikel Profesional

Mengapa pekerjaan ini banyak dilirik?

Tentu saja karena jasa kepenulisan ini mempunyai banyak kelebihan. Di bawah ini beberapa di antaranya yang sudah saya rasakan sendiri dan dirangkum dari berbagai tulisan lai

  • Permintaan Agency Writer yang Meningkat

Temans, coba perhatikan situs freelancer online dan agency writer. Permintaan jasa kepenulisan termasuk yang mengalami peningkatan.

Ini disebabkan banyak usaha sudah mulai beralih ke platform online. Belum lagi ditambah jasa iklan online atau digital, dan portal berita online.

Itu semua membutuhkan banyak penulis.

Agency content writer, seperti waroengartikel.com beberapa kali kebanjiran order.

  • Waktu dan Tempat yang Fleksibel

Menerima jasa penulisan tidak memerlukan waktu dan tempat khusus untuk berkantor. Temans dapat melakukannya di mana saja. Meski ada jam deadline, semuanya fleksibel. Tergantung pada manajemen waktu masing-masing.

Waktu dan tempat yang fleksibel ini sangat cocok bagi Temans yang masih terikat dengan pekerjaan lain, ibu rumah tangga, dan mahasiswa. Kegiatan rutin tetap dapat dilakukan, penghasilan juga diperoleh.

  • Mudah Dipelajari

Menulis artikel pada dasarnya sesuatu yang mudah dipelajari, dengan kemauan dan usaha.

Temans, bahkan sudah mempelajari jenis tulisan ini sejak usia sekolah dasar. Di tingkat pendidikan lanjut, Temans juga menulis untuk memenuhi syarat kelulusan.

Secara online, saat ini juga banyak kursus yang menyediakan cara menulis artikel. Tidak membutuhkan biaya mahal kok, bahkan ada yang memberikannya secara gratis. Semua bisa dipelajari, mulai dari cara menulis, SEO, backlink, dan semua pernak-pernik menulis online.

  • Komisi yang Cukup Besar

Jasa penulisan baik sebagai ghoswriter, content writer, copy writer, dan lain-lain menjanjikan penghasilan yang cukup besar jika ditekuni. Tentu saja penghasilan yang berproses, bukan secara instan langsung besar.

Misalkan dihitung Rp10.000,00 per artikel dan Temans bekerja 8 jam selayaknya di kantor, minimal 4 artikel sehari, terbayang bukan penghasilan per bulan? Itu hitungan minimal lho! He he..

Cara Menjadi Penulis Artikel Profesional yang Efektif

Tulisan ada berbagai jenis. Ada novel, cerpen, dan artikel.

Untuk jasa kepenulisan, jenis artikel saat ini paling banyak dibutuhkan. Di sini ada berbagai macam tulisan pula. Ada content writer, copy writer, dan sebagainya.

Apalagi di tengah pandemi. Banyak usaha juga harus mulai memasarkan diri secara online, baik menggunakan media sosial, website, dan e-commerce. Semuanya membutuhkan tulisan artikel yang mungkin tidak dapat dibuat sendiri karena kesibukan owner.

Jika Temans ingin menjadi penulis artikel profesional, apa yang harus dilakukan?

Di bawah ini beberapa langkah efektifnya.

  • Rajin Membaca

Rajin membaca menjadi kunci utama. Dengan membaca, perbendaharaan kata bertambah, diksi lebih variasi, dan ide menulis akan lebih cepat muncul.

Kalau perlu, Temans bisa menargetkan beberapa halaman tulisan yang akan dibaca setiap hari.

  • Perbanyak Waktu untuk Menulis dan Belajar

Agar dapat menghasilkan tulisan yang bagus dan lebih luwes dalam menulis, Temans harus memperbanyak waktu untuk menulis dan belajar.

Banyak di sini bukan dimaksudkan perlu beberapa jam sehari. Setengah samppai satu jam sehari tetapi rutin akan sangat membantu.

Komunitas-komunitas menulis sering kali mengadakan event challenge terkait dengan konsistensi menulis dan belajar ini. Challlenge akan memotivasi sekaligus menambah pengetahuan menulis.

  • Memahami Berbagai Gaya Bahasa

Gaya bahasa dalam menulis artikel terdiri dari berbagai macam, seperti formal, semi formal, dan santai. Temans dapat mencobanya satu per satu agar terlatih.

Di samping itu, Temans harus juga mempelajari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia alias PUEBI.

  • Mencoba Menulis yang Bermanfaat

Hampir semua orang dapat menulis status di media sosial.

Nah, cobalah kelola agar status dan tulisan lebih bermanfaat. Bukan sekadar curhat belaka. Semakin sering melakukannya, tulisan akan semakin bagus.

  • Menuliskan Ide yang Datang

Sering kehabisan ide menulis emski sudah diberi tema?

Selalu catatlah ide yang datang kapan saja. Ini dapat dibuat di buku kecil atau note pada android. Sesuatu yang mudah tetapi sangat bermanfaat. Ketika akan memulai menulis, ide dan isi artikel sudah siap dituangkan.

Langkah Awal Menjadi Penulis Artikel Profesional

Semua langkah di atas sudah Temans lakukan. Bagaimana caranya agar memperoleh job pertama? Atau bagaimana agar orang lain  tahu bahwa Temans menerima jasa kepenulisan?

Ini dia caranya!

  • Promosi Melalui Blog

Menulis di blog pribadi dapat menjadi ajang promosi. Temans dapat menuliskan berbagai jenis tulisan di sini sebagai bahan portofolio.

  • Promosi Melalui Media Sosial

Gunakan media sosial sebagai branding. Tuliskan di profil pekerjaa penulis artikel profesional. Selanjutnya, sesekali Temans dapat juga menyantumkan tulisan dari blog atau yang sudah dimuat di sini.

  • Bergabung dengan Agency Writer

Cara selanjutnya, adalah dengan searching di Google tentang agency content writer, seperti waroengartikel.com.

Di agensi atau situs online, Temans dapat mendaftarkan diri sebagai penulis profesional, belajar menulis, sekaligus mendapat penghasilan.

Temans yang mempunyai blog, pernah mempunyai tulisan di media online akan mudah mendapatkan job sebagai penulis dari sini.

Jadi, mulailah menyimpan berbagai portofolio yang dimiliki.

  • Ikut Komunitas

Terakhir, ikutlah berbagai komunitas menulis dan blogger. Selain Temans dapat belajar konsisten menulis, di sini juga sering kali Temans dapat memperoleh berbagai info tentang menulis dan jasa kepenulisan.

Tidak hanya sebagai anggota, sebaiknya ikut terlibat pula di berbagai kegiatan yang dselenggarakan.

Yang Temans harus ingat, pekerjaan menjadi penulis artikel profesional sama dengan bisnis apapun yang pernah dijalankan.

Di sini memerlukan ketekunan dan kerja keras.

Temans tidak dapat memperoleh komisi besar di awalan.

Saya memulai jasa ini dengan komisi, seribu rupiah untuk seratus kata. Saat itu, saya belum mengenal SEO, dan teman-temannya. Bahkan, saat itu tulisan juga harus upload sendiri di situsnya.

Jika ingat kenangan itu atau ada bercerita ke seorang teman, ada saja yang bertanya, “Kok mau-maunya sih?” Namun, buat saya itu pengalaman dan proses belajar. Di awal, saya hanya bisa mengerjakan satu artikel satu hari. Alhamdulillah, kini sudah bisa lebih dari itu.

So, Temans siap menjadi penulis artikel profesional? Banyak lho yang sudah mempunyai penghasilan layak seperti bekerja di kantor dari pekerjaan ini! Selamat mencoba!

 

 


1 komentar:

  1. Buat Temans yang ingin mencoba profesi penulis artikel. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus