Minggu, 22 Agustus 2021

Memasak Enak dan Lezat untuk Ibu Sibuk? Dengan Yummy App Bukan Masalah Lagi

Dalam ingatan masa kecil setiap juru masak, yang ada:  dapur besar, kompor hangat, panci mendidih, dan seorang ibu

Barbara Costikyan


Kolase Foto: Yummy App dan Freepik

Saya termasuk salah seorang yang tidak pernah posting masakan pribadi di media sosial. Namun, berkat Yummy App akhirnya beberapa hari lalu saya posting gambar masakan di Facebook, lho! He -he sampai ada yang bilang tumben, saya biasanya hanya posting tulisan.

Sejujurnya, memasak untuk saya merupakan hal yang susah-susah gampang. Saya tidak terlalu menyukai kegiatan ini, karena menghabiskan cukup banyak waktu.  Akhirnya kalau melihat resep masakan saya fokus ke waktu pengerjaannya: bisakah memasak enak dan lezat untuk ibu sibuk eh sok sibuk? Apalagi saat menikah dulu usia saya masih muda dan mempunyai lima anak dengan waktu kelahiran berdekatan. Fokus pada anak menjadi alasan utama.

Selain ingin fokus pada anak, di saat itu masih banyak keinginan lain yang masih ingin saya capai. He he.. untuk yang satu ini rasanya masih sampai sekarang ya, walaupun sudah lebih fokus di satu bidang.

Dengan kondisi di atas, bukan berarti saya nggak bisa massak,lho! Hanya saja saya lebih suka masak kue dan snack sesekali, karena waktunya lebih fkeksibel.

Bagaimana dengan memasak untuk makan sehari-hari? Yah, tetap saya lakukan juga dengan sepenuh hati. Bayangkan, dengan anggota keluarga yang cukup besar, berapa banyak dana yang dibutuhkan jika makanan harus membeli atau catering? Lagi pula, melihat anak-anak suka dengan masakan saya, sebagai ibu tentu merupakan kebahagiaan sendiri.

Tips Memasak Enak dan Lezat untuk Ibu Sibuk

Foto: Freepik

Anak-anak saya sudah cukup besar sekarang. Tentu saja kerepotan sudah tidak lagi seperti masa mereka balita. Namun, saya masih sok sibuk dengan kegiatan lain, seperti content writer, kegiatan sosial, dan mengurus bimbingan belajar yang bertahun-tahun cukup membantu keluarga di saat kesulitan ekonomi melanda.

Bagaimana dengan acara memasak? Saya membaca berbagai tips di media sosial dan coba satu-satu. Hasilnya, ini tips memasak enak dan lezat untuk ibu sibuk ala saya, Ummi Nani Herawati.

1. Merencanakan Menu untuk Satu Minggu

Apa yang terpikirkan ibu saat bangun di pagi hari? Hari ini mau belanja dan masak apa?

Wah, jika itu yang ada dipikiran Temans, tentu aka nada cukup waktu terbuang. Lebih baik berpikirnya satu minggu sekali aja dengan cara membuat menu satu minggu.

Meski di awal menerapkan cara ini juga akan lama, tapi Temans akan terbiasa. Merencanakan menu akan membuat budget lebih terkendali juga, lho!

2. Berbelanja Sesuai Menu

Perencanaan menu akan membuat waktu belanja juga lebih singkat. Setelah menu direncanakan, tulis saja bahan apa yang dibutuhkan untuk memasak.

Untuk emak yang super sibuk, si Sulung dan anak lain yang sudah cukup usia bisa dimintai tolong berbelanja juga dengan bekal catatan. Ini akan melatih mereka mandiri dan bertanggung jawab.

3. Meluangkan Waktu Khusus di Dapur

Meski  namanya memasak enak dan lezat ala ibu sibuk, waktu khusus ke dapur tetap harus disediakan. Paling tidak satu sampai dua jam satu pekan sekali untuk menyiapkan dengan baik menu masakan satu minggu ke depan.

Waktu tersebut digunakan untuk hal-hal dalam poin selanjutnya.

4. Menyiapkan Bumbu Dasar

Agar waktu lebih hemat lagi, Temans dapat menyiapkan bumbu dasar sesuai menu yang diinginkan. Minumal bawang putih, bawang merah, dan cabai sudah dihaluaskan. Jadi, saat memasak bumbu dasar dapat dipakai sesuai keperluan.

Masih repot juga? Di pasar-pasar tradisional biasanya ada penjual khusus bumbu dasar. 

5. Memanfaatkan Kulkas dengan Optimal

Hampir setiap keluarga saat ini mempunyai lemari pendingin atau kulkas. Nah, ini sangat bermanfaat sekali untuk memasak praktis.

Kulkas dapat dioptimalkan menyimpan bumbu dasar, beberapa sayuran segar dalam waktu satu minggu, dan makanan setengah jadi.

6. Menyiangi Sayuran Sebelum masuk Kulkas

Agar lebih tahan lama dan praktis, Temans dapat menyiangi sayur sebelum masuk ke kulkas dan menempatkannya dalam wadah atau plastik terpisah. Dengan demikian, saat akan memasak Temans tidak perlu lagi menyiapkan atau memotong-motonga.

Sayuran yang diletakkan bercampur dalam satu wadah akan lebih cepat busuk.

7. Membuat Beberapa Makanan Setengah jadi

Ada beberapa makanan yang dapat dibuat setengah jadi, seperti ayam goreng, ikan goreng, nugget sayur, dan tahu katsu yang baru saya coba memasaknya.

Temans dapat membuatnya dalam jumlah cukup. Saat diperlukan, makanan tersebut tinggal goreng dan rebus. Bahkan, anak-anak yang sudah cukup besar bisa diberi tanggung jawab untuk menggoreng, sementara ibu menyiapkan sayur.

8. Memilih Menu Praktis

Terakhir, untuk menu sehari-hari, Temans dapat memilih menu praktis. Makanan seperti rendang, soto, atau lainnya yang membutuhkan waktu berjam-jam mungkin dapat dibuat di waktu khusus atau untuk acara tertentu.

9. Membuat Makanan dengan Porsi Cukup

Tips terakhir memasak enak dan lezat untuk ibu sibuk adalah membuat makanan dengan porsi cukup. Tidak berlebihan, karena akan menghabiskan banyak waktu. Selain itu, cukup akan membuat makanan habis dan tidak perlu dibuang.

Cukup di sini tidak hanya dalam jumlah, tetapi juga jenis. Buat saya di meja makan tidak perlu ada tiga lauk sesuai selera masing-masing anak. Dua macam lauk dan satu jenis masakan sayur yang penting memenuhi standar gizi sangat dianjurkan.

Menu kesukaan dapat digilir secara bergantian. Mereka akan belajar mencoba semua makanan.

Yummy App Membantu Menyiapkan Menu Masakan Enak dan Lezat dalam Waktu Singkat

Saya sebenarnya suka mengumpulkan resep masakan, tapi biasanya untuk kue-kue.

Jadi, untuk makanan sehari-hari saya masih mengandalkan resep lama, seperti  sayur bening, sop, dan lain-lain. Kalau ingin berbeda, saya kreasikan sendiri isinya. Sebenarnya ingin juga mencoba makanan lain, tapi ilmu memasak saya sangat terbatas.

Masakah paling sulit yang pernah saya buat adalah soto banjar, karena kebetulan saya berasal dari Kalimantan Selatan. Makanan tersebut hanya dibuat di saat-saat tertentu saja.

Anak-anak sangat hafal dengan kebiasaan di atas. Jika saya memasak soto banjar yang mereka sukai, salah satunya akan bertanya, mau ada acara apa, Ummi?

Nah, beberapa pekan lalu saya membaca pengumuman lomba blog di grup Facebook Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Lombanya mereview Yummy App. Wah, nggak pas deh saat review suatu produk dan kita belum mencobanya bukan?

Akhirnya saya download aplikasi yang berlatar belakang warna orange ini di Google Play Store. Ternyata, anak sulung saya sudah tahu lebih dulu, lho! Di hape-nya ada juga aplikasi ini. Emak ketinggalan!

Tangkapan layar Yummy App

Setelah unduh aplikasi, akun gmail saya otomatis sudah login. Jadi, nggak perlu masukkan data ulang kecuali mau ganti nama akun.

Yang menarik, ada 7 fitur yang ditawarkan di Yummy, yaitu:

  • Trending, berisi beberapa resep masakan yang sedang trend an banyak dilihat pengunjung.
  • Event dan Promosi, berisi tentang kegiatan yang sedang dilaksanakan Yummi, termasuk lomba menulis review di blog yang sedang saya ikuti.
  • Akun Official, berisi resep-resep dari chef atau merek produk yang berhubungan dengan masakan terkenal yang dapat Temans pilih, seperti: Chef Arnold Pornomo, Chef Nunu, dan resep special Masako dan Walls.
  • Jelajah Kuliner Nusantara, berisi resep makanan tradisional dari seluruh Nusantara, baik makanan camilan atau makanan sehar-hari seperti sayuran dan lauk pauk.
  • Resep Ide Jualan, Dijamin Laku yang cocok bagi Temans yang hobi masak dan punya penghasilan dari sini.
  • Vegetable, berisi  berbagai resep olahan dengan bahan dasar segala jenis sayuran.
  • Rekomendasi, beberapa menu baru yang dapat Anda coba secara langsung tanpa melihat daftar pencarian.

Selain fitur di atas, jika Temans mengklik menu pencarian akan keluar filter. Ketikkan saja dahulu yang diinginkan, misalnya ‘jamur’. Saat keluar menu jamur di bagian atasnya ada pilihan lagi berupa: < 10.000, bintang 4 ke atas, populer, dan < 30 menit.

Tangkapan layar Yummy App

Sesuai dengan yang sudah diceritakan di atas, maka pilihan jatuh pada ‘< 30 menit’. Resep yang keluar adalah resep jamur dengan waktu memasak kurang dari 30 menit. Tuh, enak bukan?

Resep Yummy App Favorit

Sampai saat ini sudah dua pekan saya menggunakan aplikasi Yummy. Cukup banyak resep baru dan praktis yang saya coba, seperti: jamur krispy, tumis jamur, nasi goreng jamur, tahu katsu, sambal tempe kangkung, sambal geprek, dan lain-lain.

Di antara semuanya, tahu katsu menjadi favorit. Itu dikarenakan,membuatnya mudah, si Bungsu yang tidak suka tahu menjadi mau makan, bahannya hemat, dan saya bisa menyimpannya untuk digoreng besok hari.

Ingin tahu resepnya? Yuk, saya share di sini

Tangkapan layar Yummy App

Tahu Katsu

Bahan:

160 gram tahu

6 sdm tepung terigu

200 gram tepung roti

1 sdt garam

1 sdt kaldu bubuk

2 sdt lada

250 ml minyak sayur

Cara Membuat

Masukkan tahu ke dalam wadah dan hancurkan hingga cukup halus

Tambahkan tepung terigu, garam, kaldu bubuk, dan lada, lalu aduk rata.

Ambil adonan sesuai selera dan masukkan dalam wadah berisi tepung roti untuk dibalur.

Goreng dengan minyak goreng panas hingga kecoklatan.

Foto: Koleksi Pribadi

Tahu katsu siap disajikan. Untuk menambah rasa, Temans dapat menambahkan saus kari dengan potongan wortel dan kentang di atasnya.

Ingin punya pengalaman seperti saya dan coba banyak resep mudah? Yuk, unduh Yummy App di ponsel pintar dengan klik https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.yummy.mobil! Dijamin nggak akan menyesal, deh! Aplikasi ini pas banget untuk ibu yang sibuk, ibu yang hobi masak, ibu yang ingin jualan, dan chef-chef rumah lainnya! Salam sehat dan bahagia!

 

12 komentar:

  1. Aku tuh yang sok sibuk. Hihihi Selama pandemik, dituntut untuk memasak sendiri. Parnoan! Kalau ikut kena juga kan berabe semua ikut repot. Sangat bermanfaat artikelnya. Terima kasih juga informasinya, ya Mbak.

    BalasHapus
  2. Emang benar mbak mudah banget mengunduhnya. Apalagi isinya benar2 keren, resepnya banyak banget jadi bisa buat referensi memasak tiap hari. Apalagi buat ibu2 yang sibuk bekerja di luar juga, pasti akan sangat terbantu dengan Yummy app ini.

    BalasHapus
  3. Urang Banjar pian, Mbak Hani? Salam kenal ya. Saya juga tinggal di KalSel tapi asli Jawa.

    Anyway, ngomongin soal Yummy App mah gak ada habisnya kan ya, Mbak Han, habisnya aplikasi masakan rumah ini keren parah lah. Dengan fitur²yang ada di Yummy App ini jadi semakin cinta donk ya sama masakan rumah, eaaaaa

    BalasHapus
  4. Tahu katsu ini mirip-mirip nugget tahu ya cara pembuatannya. Dulu aku pernah bikin tapi gagal, tahunya ga mau mengeras, tetep lembek gitu loh. Oooo ternyata dikasih terigu ya kalau melihat menu di atas itu.
    Sip lah, mau cek di Yummy App juga dan praktekin untuk menu makan anak.

    BalasHapus
  5. Yummy App memang membantu banget buibu buat ide menu masak setiap hari ya, seperti resep tahu katsu ini jadi pengen buat juga deh :)

    BalasHapus
  6. ooh ini yang pake tepung roti ya
    boleh juga idenya
    cobain deh di rumah nanti

    BalasHapus
  7. Ketemu deh segala macem resep di aplikasi ini ya mbak, aku juga termasuk yang betah pake aplikasi ini.

    BalasHapus
  8. Wiwin | pratiwanggini.net30 Agustus 2021 07.06

    Seneng banget saya akhirnya juga install Yummy App. Lumayan terbantu dengan aneka resep masakan yang tersedia di sana.

    BalasHapus
  9. Tahu makanan favoritku. Bisa dijadikan alternatif ini.

    BalasHapus
  10. tahu katsu! idenya menarik banget ini yang buat, boleh ah dicoba di rumah aku nih mbak nani

    BalasHapus
  11. Lagi sibuk pun tetap bisa masak ya, ada rekomendasi resep masakan yang bisa dimasak dengan cepat lewat filter di Yummy App

    BalasHapus
  12. Wah tahu juga bisa dibikin kreasi katsu ya, mbak ternyata. Bisa jadi ide baru nih buat bekal makan siang

    BalasHapus