Kamis, 26 April 2018

Hindari 7 Sifat Ini Agar Produktif

Semua orang, khususnya anak muda seharusnya dapat produktif.  Produktif bekerja, berkarya, berprestasi, dan menghasilkan sesuatu.  Tentunya membanggakan jika kita dan orang terdekat bisa demikian.  Banyak orang berusaha melakukan dan membuktikan diri produktif.  Tidak sedikit yang gagal, bahkan jalan di tempat.  Semua yang dihasilkan sekedar memenuhi kewajiban dan mengerjakan tugas.
Ternyata, ada sifat kita yang membuat tidak produktif.  Membuat sesuatu yang kita lakukan tidak ada kemajuan atau sedikit kemajuan.  Yuk simak 7 sifat yang harus dihindari tersebut.
1.Multi Tasking
Multi tasking atau mengerjakan hal memang cocok untuk para ibu.  Ibu memasak sambil mengasuh anak.  Namun ternyata, melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam suatu waktu membuat kita tidak produktif.  Misalnya, menulis sambil menonton video yang akan diedit.  Hasilnya, menulis tidak bagus.  Video yang edit juga akhirnya harus tetap ditonton ulang.  Jadi menambah jam kerja.
2.Tidak Berbagi Tugas
Dalam dunia kerja umumnya ada team work.  Meskipun terkadang kita merasa kemampuan tim kerja belum mumpuni, hendaknya tugas tetap harus dibagi.  Membagi tugas akan meringankan dan menghemat waktu.  Bagi team work yang dianggap belum mampu, itu bagian dari belajar.  Dengan kepercayaan, kemampuan mereka akan bertambah.
3. Perfeksionis
Perfeksionis sebenarnya bukan hal yang negatif.  Tetapi kebanyakan kita yang mempunyai sifat ini akan mengulang-ulang pekerjaan sebelum memuaskan.  Bahkan tidak pernah puas dengan hasilnya.  Mengulang-ulang pekerjaan yang sudah bagus tidak menghemat waktu.  Bahkan mungkin hasilnya bisa lebih buruk dari sebelumnya.  Lagipula kita manusia, tidak ada yang bisa sempurna.
4.Tidak Bisa Menolak
Orang yang tidak dapat menolak permintaan orang lain, hatinya sangat baik.  Mereka akan mudah sekali mengatakan iya.  Sedang bekerja, diajak nonton Iya.  Sedang bekerja diajak belanja, ayo.  Bahkan pekerjaan sudah banyak, teman minta tolong membantu pekerjaannya akan diterima juga.  Akhirnya pekerjaan diri sendiri banyak yang tertinggal. Waktu bekerja harus ditambah.  Agar produktif, kita harus belajar memilih mana yang dilakukan dan tidak.  Tidak semua permintaan orang lain wajib kita penuhi.
5.Menunda Pekerjaan
Pernahkah mau melakukan sesuatu, merasa waktunya tidak tepat? Mungkin sering kali.  Misalnya, sudah menyalakan laptop dan ingin menulis dan mengerjakan tugas.  Tiba-tiba berpikir, nanti agak malam saja.  Lebih hening dan konsentrasi.  Kemudian kita tidur dulu. Bangun tidur belum tentu sesuai jadwal yang diinginkan.  Atau boleh jadi masih mengantuk.  Akhirnya, tulisan dan tugas tidak diselesaikan.
6.Kebanyakan Menghayal
Mimpi berbeda dengan menghayal.  Orang yang menghayal tidak pernah mewujudkannya.  Semua hanya seandainya.  Tidak pernah ada action.  Jika kita demikian, maka kita tidak produktif.  Waktu hanya habis untuk menghayal.
7.Tidak Tahu Apa yang Harus Dilakukan
Pekerjaan dan tugas banyak, namun tidak tahu apa yang harus dilakukan.  Tidak tahu mana yang harus didahulukan.  Hingga akhirnya beberapa pekerjaan terlupakan.  Seharusnya, setiap hari kita punya catatan to do list.  Di sana akan terlihat mana pekerjaan yang harus dilakukan.  Selain itu, daftar akan membuat pekerjaan tidak ada yang tertinggal.

Demikian 7 sifat yang harus dihindari produktif berdasarkan sumber chanel youtube Muda Kreatif.id.  Sebuah chanel motivasi dengan visi "Berkarya Selagi Muda".  Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar