Kamis, 19 April 2018

4 Ngabuburit Asyik

Sebentar lagi Ramadhan.  Kata ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa akan semakin sering didengar.  Berbagai cara dihabiskan orang untuk hal tersebut.  Ada yang jalan-jalan di mall, ngobrol dengan teman, dan nonton televisi.  Anak-anak biasanya nggak sabaran di waktu ini.  Mereka akan termenung menatap makanan dan bolak balik melihat jam. 

Nah, di antara semua tentunya ada cara yang asyik dan tentunya bermanfaat.  Yang pasti, di saat ini diharapkan semua yang ada di rumah sudah selesai dengan aktivitas lain.  Ibu sudah selesai memasak, kakak sudah selesai belajar, dan ayah juga harus meninggalkan pekerjaannya.  Kegiatan di bawah ini bagus dilakukan untuk ngabuburit di saat hari libur.

1.Berdoa
Di antara waktu mustajab berdoa adalah setelah ashar dan menjelang maghrib.  Jadi, keluarga bisa berdoa bersama di waktu ngabuburit.  Keluarga bisa memulai dengan mengaji bersama dan melafalkan doa masing-masing dengan suara keras.  Semuanya saling mendoakan.  Dengan saling mendoakan, rasa kasih sayang akan semakin dirasakan.

2.Nonton Televisi
Nonton televisi saat ngabuburit nggak haram lho.  Asal tontonan yang baik.  Carilah tontonan yang cocok untuk seluruh keluarga.  Orang tua dapat memilihkan mana tontonan yang baik.  Selain itu, orang tua bisa sekaligus dapat membimbing anak dalam menonton.  Kebersamaan keluarga terjalin.

3.Mainan Edukatif
Mau yang asyik dan beda?  Mainan edukatif yang dapat dimainkan bersama solusinya.  Beragam model mainan ini diciptakan. Manfaatnya beragam.  

Salah satunya adalah Musyafir Dunia dari Indscript Creative.  Permainan mirip dengan ular tangga, dilengkapi kartu pertanyaan, kartu amal, dan dadu berupa kancing.  Anda tidak perlu khawatir ada pertanyaan yang tidak terjawab.  Sebuah buku Iqra akan menjadi pemandu.

Sumber gambar: pixabay.com

Mainan tradisonal dahulu juga dapat digunakan untuk mengisi waktu luang. Misalnya, congklak, ular tangga, ludo, dan sebagainya. Memainkan ini membuat Ananda melupakan gadget selama beberapa saat sekaligus mengajarkan kejujuran dan menerima kekalahan secara lapang dada. Bagi yang menang dalam permainan, diajarkan untuk tidak sombong. Permainan juga memotivasi Ananda bersaing secara sehat.

4. Menyiapkan Makanan Berbuka Bersama

Daripada Ananda menatap makanan sambil menunggu azan Maghrib, lebih baik ajak mereka ikut menyiapkannya.

Ini akan membantu mereka menghindari menghitung waktu Azan yang terasa lama.

Kegiatan ini juga akan membiasakan Ananda membantu orang tua.

Demikian beberapa cara ngabuburit asyik ala My Stanza.  Selamat mencoba dan selamat jelang Ramadhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar