Sekarang ini bisinis atau usaha apa saja mempunyai banyak
saingan usaha sejenis. Tak lama produk
pertama launching dan sukses, produk sejenis akan menyusul. Ini membuat harga produk terus bersaing. Beberapa pebisnis menganggap harga yang
termurah adalah yang akan laku. Padahal
tidak selamanya demikian. Di kalangan
konsumen berlaku rumus “ada barang ada harga”.
Artinya, barang yang mahal biasanya akan sesuai dengan kualitasnya. Konsumen tidak selamanya membeli atau memburu barang dengan harga termurah.
Ternyata, ada tips tersendiri agar produk yang mahal dapat
laku banyak. Berjualan secara online
closing banyak. Ini dikemukakan oleh Teh
Indari Mastuti pemilik dan pendiri Indblack. Sebuah handsock yang produknya
kalau dipikir-pikir harganya lebih mahal dari produk sejenis. Harga Indblack mulai dari Rp60.000,00 sampai
Rp300.000,00. Namun, sekali produksi
biasanya langsung sold out. Pengiriman
barang melalui jasa pengiriman ratusan jumlahnya.
Agar bisa memperoleh hasil yang demikian Teh Indari memberi
tipsnya, yaitu :
Produk Yang Dihasilkan Berbeda Dengan Produk Sejenis
Menjual dengan harga mahal harus disertai dengan informasi
bahwa produk milik kita berbeda dengan produk sejenis milik orang lain.
Indblack, misalnya. Produk ini
diedukasikan kepada konsumen bahwa :
- Beberapa persen hasil penjualan didonasikan utnuk kemajuan perempuan Indonesia. Saat ini donasi diberikan untuk membebaskan perempuan dari hutang riba dan memberi modal usaha kepada perempuan-perempuan hebat yang ingin berbisnis tetapi terkendala modal.
- Produk Indblack limited edition. Model yang dikeluarkan hanya diproduksi dalam jumlah tertentu saja. Produksi selanjutnya tidak akan ada model yang sama.
- Packing yang menarik. Packing Indblack dibuat menarik. Jika ingin mejadikannya sebuah hadiah, kita tidak perlu lagi membungkusnya dengan kertas kado.
- Hand made
Jaringan Penjualan Yang Luas
Agar produk laris manis, maka pebisnis harus membuat jaringan usaha yang luas seperti distributor, agen, dan reseller.
Edukasi
Terus mengedukasi produk yang dimiliki kepada calon
konsumen. Mengedukasi berarti memberi
informasi apa kelebihan produk, manfaat, dan cara mendapatkannya.
Sederhana bukan jika ingin berjualan mahal tapi tetap
laku? Asal dilakukan dengan
sungguh-sungguh dan kerja keras. Demikian dikemukakan Teh Indari dalam live videonya, Sabtu 7 April 2018. Semoga
bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar