Minggu, 08 April 2018

Tips Berjualan Mahal Tapi Tetap Laku


Sekarang ini bisinis atau usaha apa saja mempunyai banyak saingan usaha sejenis.  Tak lama produk pertama launching dan sukses, produk sejenis akan menyusul.  Ini membuat harga produk terus bersaing.  Beberapa pebisnis menganggap harga yang termurah adalah yang akan laku.  Padahal tidak selamanya demikian.  Di kalangan konsumen berlaku rumus “ada barang ada harga”.  Artinya, barang yang mahal biasanya akan sesuai dengan kualitasnya.  Konsumen tidak selamanya membeli atau memburu barang dengan harga termurah.  

Ternyata, ada tips tersendiri agar produk yang mahal dapat laku banyak.  Berjualan secara online closing banyak.  Ini dikemukakan oleh Teh Indari Mastuti pemilik dan pendiri Indblack.  Sebuah handsock yang produknya kalau dipikir-pikir harganya lebih mahal dari produk sejenis.  Harga Indblack mulai dari Rp60.000,00 sampai Rp300.000,00.  Namun, sekali produksi biasanya langsung sold out.  Pengiriman barang melalui jasa pengiriman ratusan jumlahnya.



Agar bisa memperoleh hasil yang demikian Teh Indari memberi tipsnya, yaitu :

Produk Yang Dihasilkan Berbeda Dengan Produk Sejenis
Menjual dengan harga mahal harus disertai dengan informasi bahwa produk milik kita berbeda dengan produk sejenis milik orang lain. Indblack, misalnya.  Produk ini diedukasikan kepada konsumen bahwa :
  • Beberapa persen hasil penjualan didonasikan utnuk kemajuan perempuan Indonesia.  Saat ini donasi diberikan untuk membebaskan perempuan dari hutang riba dan memberi modal usaha kepada perempuan-perempuan hebat yang ingin berbisnis tetapi terkendala modal.
  • Produk Indblack limited edition.  Model yang dikeluarkan hanya diproduksi dalam jumlah tertentu saja.  Produksi selanjutnya tidak akan ada model yang sama.
  • Packing yang menarik.  Packing Indblack dibuat menarik.  Jika ingin mejadikannya sebuah hadiah, kita tidak perlu lagi membungkusnya dengan kertas kado.
  • Hand made

Jaringan Penjualan Yang Luas
Agar produk laris manis, maka pebisnis harus membuat jaringan usaha yang luas seperti distributor, agen, dan reseller.

Edukasi
Terus mengedukasi produk yang dimiliki kepada calon konsumen.  Mengedukasi berarti memberi informasi apa kelebihan produk, manfaat, dan cara mendapatkannya.

Sederhana bukan jika ingin berjualan mahal tapi tetap laku?  Asal dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.  Demikian dikemukakan Teh Indari dalam live videonya, Sabtu 7 April 2018.  Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar