Rabu, 02 Mei 2018

Sibuk dan Produktif

Pernahkah merasa sibuk?  Saya pernah mengalaminya.  Rasanya waktu 24 jam tidak cukup dalam sehari.  Padahal seharian hampir tidak pernah istirahat.  Namun tetap banyak pekerjaan yang terbengkalai.  Apakah sesuatu yang membuat sibuk selalu produktif?

Ternyata, sibuk tidak sama dengan produktif.  Bahkan, kegiatan yang membuat kita sibuk ternyata justru tidak produktif.  Lho?  Agar lebih jelas, kita lihat perbedaan antara sibuk dan produktif terlebih dahulu.

1.Waktu

Telah disebutkan di awal, bahwa orang yang sibuk merasakan waktunya tidak cukup 24 jam sehari.  Selalu ada pekerjaan yang belum selesai.  Sementara orang yang produktif tidak demikian.  Waktu 24 jam cukup baginya.  Banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan.

2.Multitasking

Multitasking dilakukan oleh orang yang sibuk.  Sambil mengerjakan tugas kuliah, menonton YouTube dan menuliskannya.  Orang yang produktif hanya mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu.  Misalnya, jam 7 sampai jam 8 mengerjakan tugas kuliah.  Selanjutnya jam 8 sampai jam 9 menonton YouTube untuk dituliskan.

3.Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai orang yang produktif jelas.  Seperti contoh di atas, menyelesaikan tugas kuliah di waktu jam 8 sampai 9.  Selesai dalam waktu 1 jam.  Orang yang sibuk, banyak target.  Terkadang tidak tahu tujuan yang ingin dicapainya.

Demikian perbedaan antara sibuk dan produktif, seperti dilansir dalam Chanel Mudakreatif.id.  Berarti kesibukan tidak membuat seseorang produktif.  Kegiatan produktif mempunyai arah dan tujuan yang jelas.  Manajemen waktu yang baik.  Sehingga semua pekerjaan selesai.  Hak tubuh untuk istirahat juga terpenuhi.  Pencatatan menjadi hal yang penting di sini.

Lalu, bagaimana dengan profesi ibu rumah tangga?  Termasuk kegiatan produktif atau kesibukan?  Jawabannya kembali pada diri masing-masing.  Jika ibu rumah tangga dapat mengatur waktunya dengan baik dan dapat menyelesaikan pekerjaan sehari-hari berarti produktif.  Sekali waktu ada kegiatan yang tidak terencana masuk ke dalamnya, bukanlah masalah. 
Ayo menjadi perempuan produktif dari rumah.  Bangga menjadi ibu rumah tangga.


#RumahKeluargaIndonesiaPamulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar