Kamis, 07 Juni 2018

5 Fakta Unik Lebaran di Indonesia

Temans..
Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari.  Ada berbagai cara dilakukan orang mengakhiri Ramadhan, bulan yang mulia.  Ada yang sibuk mempersiapkan segala pernak-pernik lebaran, ada pula yang sibuk menggapai 10 hari terakhir Ramadhan.  Sah-sah saja, setiap orang mempunyai pertimbangan sendiri untuk melakukan kesibukan masing-masing.
Sama halnya dengan Ramadhan, Indonesia yang merupakan negara terbanyak muslim di dunia, Idul Fitri mempunyai keunikan sendiri.  Yuk, kita intip fakta unik Idul Fitri di Indonesia!

1. Ketupat Lebaran

Ketupat lebaran, makanan khas Indonesia.  Makanan yang terbuat dari beras yang direbus dan dibungkus daun kelapa dengan bentuk belah ketupat, umumnya selalu hadir di hari pertama lebaran.  Pendamping ketupat berbeda-beda di tiap wilayah.  Ada opor, rendang di Sumatera Barat, soto Banjar di Banjarmasin, sambal goreng hati, dan lain-lain.  Jika Temans sedang di luar negeri, makanan ini pasti akan dirindukan saat lebaran.

2. Mudik

Mudik atau pulang kampung merupakan keunikan lain Idul Fitri di Indonesia.  Karena lebaran identik dengan kesucian dan saling memaafkan, maka mudik seperti menjadi keharusan.  Bertemu orang tua dan sanak saudara yang ditinggalkan.  Jadilah, jalur-jalur tertentu dari wilayah kota, seperti Jakarta menuju beberapa tempat macet luar biasa.  Tetapi pemudik tidak pernah jera.  Mereka akan mudik kembali di tahun depan.

3. Baju Baru

Baju baru bukan keharusan.  Tetapi masyarakat Indonesia menganggap lebaran bulan lengkap jika nggak pake baju baru.  Tidak hanya baju.  Semua baru mulai dari kaki hingga kepala. 

Ssst.. Khusus baju baru, Indblack ikut berlebaran tahun ini.  Loveshock dan putingnya akan menambah lengkap penampilan.  Loveshock ekslusif dengan desain sangat menarik, membuat muslimah tampil lebih syar'i.  Sementara puting yang ditawarkan akan menambah cantik dan rapi penampilan. Berjilbab menjadi lebih mudah.

4. Kue Kering

Entah sejak kapan dimulai kebiasaan ini.  Kue kering, seperti nastar, kestangel, sagu keju, dan lain-lain menjadi makanan yang dihidangkan untuk tamu mendampingi biskuit-biskuit dari berbagai merek.  Hal ini menjadikan usaha rumahan produksi kue kering mendapat berkah rejeki berlimpah tiap Ramadhan.

5. Uang Lebaran

Satu lagi keunikan di hari Idul Fitri, yaitu kebiasaan membagi-bagi uang ke sanak saudara.  Seperti sebuah kewajiban, orang tua dan keluarga yang sudah bekerja membagi rejekinya kepada anak, keponakan, dan kerabat lain.  Mungkin maksudnya memberi hadiah ya karena anak-anak sudah berpuasa?

Nah, itu 5 fakta unik lebaran di Indonesia.  Adakah yang tidak Teman lakukan?  Yang pasti, hendaknya setelah Ramadhan usai, semua muslim dapat menjadi pribadi baru yang lebih baik.  Segala ritual Idul Fitri bagus.  Tetapi jika tidak ada, tidak perlu memaksakan diri.

#IndscriptCreative
#IndscriptWriting
#Indblack

Tidak ada komentar:

Posting Komentar