Senin, 04 Juni 2018

Kerja Keras dan Konsistensi Melahirkan Kesuksesan

Temans, pernahkah bertanya apa rahasia kesuksesan orang lain?  Kenapa dengan modal yang sama, orang yang satu bisa sukses sementara yang lain tidak? Ternyata, ada dua hal yang harus digarisbawahi, kerja keras dan konsistensi.

Tidak ada orang yang dapat sukses tanpa kerja keras.  Jika Temans melihat orang sukses, lihat juga prosesnya.  Pastilah akan ditemukan bahwa jalan panjang berliku yang harus dilaluinya.  Kesuksesan yang diperoleh tidak semudah membalikkan telapak tangan.  Bahkan ada orang yang harus berkali-kali gagal baru sukses.  Jatuh bangun terlebih dahulu baru mencapai hasil yang diinginkan.

Di sini, kerja keras berkorelasi dengan keberanian meninggalkan zona nyaman.  Keberanian meninggalkan rutinitas yang ada untuk menjadi lebih baik.  Sukses menjadi ahli ibadah, jika berani bangun tiap malam meninggalkan kenyamanan tidur sampai pagi, misalnya.  Sukses mendapat nilai tertinggi dalam UN dengan belajar lebih banyak daripada orang lain.  Bahkan, diceritakan bahwa Bill Gateshead mencapai kesuksesan karena hanya tidur 3 jam sehari.

Inti kesuksesan selanjutnya adalah konsistensi.  Menurut ahli psikologi, suatu pekerjaan akan menjadi kebiasaan jika konsisten dilakukan 40 hari berturut-turut.  Beberapa orang harus melakukan lebih dari 40 hari.  Dengan konsistensi demikian, sesuatu menjadi mudah dilakukan. 

Misalnya, seorang penulis yang seringkali kesulitan mendapatkan ide.  Berlatih menulis setiap hari satu tulisan akan memperlancar ide tulisan yang datang.  Lama kelamaan, penulis tersebut akan semakin produktif.

Terkait dengan kerja keras dan konsistensi, ini yang juga dilakukan Teh Indari Mastuti, founder Indscript Writing, Indscript Creative, komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis, dan lain-lain.  Kerja keras dan konsistensi yang akhirnya membuat Indblack, bisnis terakhir yang baru dibangun sukses dengan cepat.

Teh Indari, mulai usahanya dengan kerja keras sekitar tahun 2010.  Saat itu, di mana belum ada media sosial sebanyak sekarang, beliau menargetkan prospek minimal 20 orang sehari. Semua dilakukan via email.  Jaringan yang dibangun tersebut yang kemudian mempermudah bisnis selanjutnya

Jadi Temans, tidak ada kesuksesan yang instan.  Kecuali seseorang mewarisi perusahaan dari orang tua.  Itu pun jika tidak diiringi kerja keras dan konsistensi, tidak akan bertahan lama. Dua hal yang memang sulit untuk dikerjakan.  Itu sebabnya tidak banyak orang yang sukses.  Saya salah satu yang sedang belajar menjalani proses tersebut.  Semoga yang kita lakukan saat ini membuahkan hasil dan berkah.  Aamiin.

#IndscriptWriting
#IndscriptCreative
#Indblack

Tidak ada komentar:

Posting Komentar