Kamis, 05 Juli 2018

4 Langkah Menuju Sukses

Hai Temans!

Saya seneng banget mengulas tentang kesuksesan.  Bukan untuk menggurui, tapi lebih untuk mengingatkan diri sendiri.  Apalagi kalau diri sedang down, tulisan menjadi terapi yang paling efektif.

Di sini saya akan menyebutkan 4 langkah menjadi sukses secara singkat.  Tentu saja langkah ini bukan dari diri saya, tapi rangkuman dari beberapa buku yang saya baca dan kisah sukses yang saya dengar. 
Kalau Temans ingin tahu, yuk sama-sama simak!

1. Bermimpi (Dream)

Setiap orang punya cita-cita dan tujuan hidup.  Ada yang hanya berani mempunyai cita-cita kecil dan biasa.  Orang ini umumnya menjalani hidup mengalir. Tidak ada keinginan untuk mendapatkan lebih.  Bagus, tapi hidupnya akan biasa-biasa saja. Jika Temans seorang pelajar, maka akan menjadi pelajar biasa.  Jika seorang pegawai, maka Temans menjadi pegawai yang hanya siap menjalankan perintah.  Sebagai hamba Allah, orang yang seperti ini juga akan beribadah wajib saja.  Yang penting menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. 

Berbeda dengan orang yang ingin sukses.  Sukses dunia akhirat.  Teman akan punya mimpi.  Sekecil apapun mimpi tersebut.  Mimpi yang mengarahkannya menuju kesuksesan.

2. Merencanakan (Plan)

Setelah punya mimpi, saya dan Temans tentu ingin mimpi terwujud.  Untuk mewujudkannya, maka perlu rencana.  Rencana yang mengarahkan pada terwujudnya mimpi.  Yang menjadikan mimpi bukan dalam arti sebenarnya, mimpi sebagai bunga tidur.  
Misalnya, Temans bermimpi ingin menjadi pengusaha sukses.  Teman harus merencanakan usaha apa yang akan dilaksanakan dan bagaimana cara melaksanakan.  
Begitu pula Temans yang punya mimpi ingin naik haji.  Teman perlu merencanakan bagaimana cara mendapatkan dana yang cukup untuk melihat rumah Allah.

3. Melaksanakan (Action / Do)

Mimpi hanya akan menjadi wacana jika Temans dan saya tidak melaksanakan rencana.  Orang akan menyebut kita sebagai pemimpi.  Seseorang yang punya banyak mimpi dan terus bermimpi tanpa ada hasil.

Action dilaksanakan dengan berani meninggalkan zona nyaman.  Harus berani mengambil resiko.  Resiko lebih lelah.  Resiko dengan berbagai kesibukan.  
Selain itu, cintailah proses jatuh bangun yang terjadi.  Tidak ada kesuksesan yang instan.  Bisnis langsung dapat omzet jutaan rupiah.  Semua  mulai dari tidak ada, kecil menjadi besar.  Menikmati proses itu perlu agar tidak down di tengah jalan. 
Sebagaimana anak kecil yang belajar naik sepeda menikmati prosesnya.   Juga proses jatuh bangunnya seseorang yang sedang mengejar gelar akademis, nilai yang didapat tidak selalu bagus.  
Jangan melihat orang lain hidup enak atau hanya dari kesuksesannya.  Karena dibalik kesuksesan tersebut ada perjuangan yang luar biasa.

4. Berdoa (Pray)

Dream, plan, dan do.  Jangan lupa untuk berdoa!  Dengan doa, segala yang tidak mungkin menurut Temans saat ini dapat menjadi nyata.  Banyak orang telah membuktikan.  Bahkan mungkin banyak doa yang telah dikabulkan tanpa disadari. Teruslah berdoa dan menjauhkan diri dari segala penghalang terkabulkannya doa.

Akhirnya, sekali lagi saya katakan bahwa ini tidak bermaksud menggurui.  Saya juga sedang belajar dan proses menggapai mimpi. 

Terkait dengan dream, agar mimpi Temans jelas dan selalu ingat dengan tujuan, serta bagian dari doa adalah dengan mencatatkannya.  Mencatatkan pada papan mimpi atau dreamboard.  Dapat diletakkan di tempat yang selalu terlihat atau sebaliknya, tempat pribadi.

Wah, repot banget ya harus bikin dreamboard!  Jangan khawatir, Temans dapat membeli yang sudah jadi atau mencontoh yang ada di internet dan tinggal mengeprintnya.

Semoga bermanfaat!  Salam sukses!


Sumber gambar : http://t.me/produkindscript

Tidak ada komentar:

Posting Komentar