Selasa, 15 Desember 2020

Berpenghasilan dari Internet, Salah Satu Cara Survive di Masa Pandemi


Temans, pandemi telah mengubah banyak hal di dunia dengan berbagai dampak. Yang paling terasa bagi masyarakat Indonesia mungkin dari sisi ekonomi. Paling tidak, itu yang saya rasakan dan lihat. Apalagi di awal pandemi melanda, hampir semua kegiatan dilakukan di rumah. Berpenghasilan dari internet menjadi alternatif terbaik.

Ya, mau tidak mau era digital sudah masuk di hampir semua sektor pendidikan. Pandemi sendiri diperkirakan baru benar-benar reda sekitar tahun 2022. Masih panjang ya?
Namun, itu bukan berarti saya dan Temans pasrah dengan keadaan. Manurut para motivator, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar dapat survive, bahkan melejit dengan kondisi ekonomi di masa pandemi. 

1. Mengurangi atau menurunkan rasa khawatir, karena hal ini akan membuat seseorang tidak mampu berpikir jernih. Akibatnya, imun tubuh dapat menjadi turun. Padahal sehat adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan.

2. Terus bergerak dinamis, tidak hanya pasrah dengan keadaan. Bergerak membuat seseorang lebih kreatif dan mengubah keadaan.

3. Eksekusi ide, tidak hanya ada dalam pikiran saja. Ide yang dibiarkan tidak akan mengubah nasib. Eksekusilah meski hasilnya tidak sebesar yang diharapkan.

4. Berbagi, bukan hanya Temans yang mengalami kesulitan. Orang lain mungkin lebih buruk kondisinya. Berbagi dengan ilmu, harta, atau lainnnya akan membuat perasaan lebih baik. Selain itu, dalam Islam berbagi akan meperlancar rejeki.

Berpenghasilan dari Internet dengan Jualan Online


Membeli produk dengan cara online kini menjadi gaya hidup sebagian masyarakat kota. Saat pandemi, di mana gerakan seseorang menjadi terbatas, belanja online sangat solutif, meminjam istilah kekinian.
Jualan online adalah cara memasarkan produk barang dan jasa melalui internet. Keuntungannya, Temans dapat menjalankan dari rumah dan tidak dibatasi waktu tertentu. Tidak perlu menyewa tempat tertentu. 

Bahkan, cara berdagang yang satu ini dapat pula dilakukan yanpa memiliki produk. Orang menyebutnya sebagai dropshipper.


Beberapa cara berjualan secara online yang banyak dilakukan, yaitu:

Melalui Media Sosial

Instagram, Facebook, Youtube, dan kini ada Tik Tok dapat digunakan sebagai ajang promosi. Cara paling mudah adalah membuat status setiap hari di media sosial. Akan lebih bagi jika Temans memahami cara memperkenalkan produk yang baik melalui media sosial.

Menggunakan Market Place

Temans ingin produk dijangkau lebih luas tanpa terpaku pada friend list? Jualan online di market place dapat menjadi solusi. Apalagi jika produk yang dimiliki cukup banyak. 

Caranya mudah saja: unduh aplikasi, daftar akun; dan mulai upload produk dengan deskripsi jelas.

Mempunyai Website Sendiri

Pernah terpikir mempunyai website sendiri? Ini juga dapat digunakan sebagai sarana market jualan online.

Pernah terpikir mempunyai website sendiri? Ini juga dapat digunakan sebagai sarana market jualan online.
Apalagi saat ini Temans tidak perlu susah-susah membuat website, Banyak jasa yang menalwarkannya. Bahkan, membuat sendiri juga tidak  terlalu sulit. 

Berpenghasilan dari Menulis


Tanpa disadari, keterampilan menulis sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Membuat status jualan di media sosial merupakan hal yang paling umum. 
Kegiatan tersebut juga dapat menghasilkan cring-cring lho! Bahkan, ada yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dari hal ini.

Bagaimana menulis dapat menghasilkan sejumlah uang? Temans dapat memilih salah satu profesi di bawah ini.

Freelance Writer

Freelnace writer adalah seseorang yang menulis sesuai permintaan konsumen dan dibayar. Tulisan tersebut nantinya menjadi milik web orang lain. 

Seseorang yang dibayar dan tidak disebut namanya saat tulisan digunakan oleh klien, disebut ghostwriter.

Mengirimkan Tulisan ke Media

Beberapa media menerima tulisan yang Temans buat dan membayarnya, baik media online dan offline. Tulisan dapat terdiri dari berbagai jenis, seperti artikel, opini, cerpen, cerita anak, puisi, dan lain-lain. Carilah media yang menerima jenis tulisan yang Temans kuasai.

Menjadi Blogger

Blogger merupakan seseorang yang meiliki blog dan mengisinya dengan tulisan, ditambah gambar dan video.

Profesi ini meningkat pesat selama pandemi, mengingat banyak orang kini tinggal di rumah. 

Meski penghasilan dari sini tidak instan, karena blog perlu dibangun secara konsisten, Temans dapat meraihnya dengan berbagai cara berikut.

1. Review produk, tulisan yang diminta seseorang tentang produknya di dalam blog yang dimiliki.

2. Adsense, iklan yang biasanya ada dan sering Temans lihat jika membuka sebuah website atau blog. Untuk memperoleh adsense, pengajuan dapat dilakukan ke Google Adesnse.

3. Content placement, biasanya tulisan tentang produk barang atau jasa orang lain. Mereka menumpangkan tulisan di blog Temans untuk ditampilkan dengan kesepakatan pembayaran tertentu.

4. Program affiliasi, kerjasama dengan orang lain untuk mempromosikan produknya dan meraih konsumen. 

5. Lomba blog, sering diadakan beberapa lembaga dengan hadiah cukup menarik. Jika berupa uang, nilainya mungkin jutaan. Meski sulit, hal ini dapat dicoba. Paling tidak untuk meningkatkan pengunjung blog.

Tentu saja blog ini akan lebih efektif jika berdomain atau berbayar. Beberapa lembaga mau bekerja sama dengan blog yang bersyarat domain, dan DA tertentu. 

Demikianlah cara berpenghasilan dari internet yang dapat Temans coba agar dapat survive di masa pandemi.Tentu saja masih ada kegiatan lain yang juga menghasilkan, seperti desain content, photography, dan lain-lain. Yang penting selalu optimis dan konsisten dalam menjalankannya.





27 komentar:

  1. Sahabat Hosting reliable bangettt ya Mba
    AKu juga mupeengg untuk selalu produktif.
    kalo banyak rezeki, insyaALLAH selalu ada kesempatan untuk berbagi yak.

    BalasHapus
  2. Banyak peluang ya di dunia menulis dan blogging, bukan hanya nominal tapi juga prestasi lomba-lomba. Semoga menang tulisannya ya Mbak :) Semoga rezeki dari dunia blogging juga dimudahkan. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Alhamdulillah belum menang Mbak.. Ini pertama kali ikut lomba

      Hapus
  3. bener banget mbak nani, pas pandemi begini kita harus cari cara mengoptimal keahlian ya. ahli-ahli kepepet bisa dapet penghasilan dari internet. semoga berhasil juga lomba blognya ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. InsyaAllah asal mau berusaha peluang selalu ada

      Hapus
  4. Gara-gara pandemi malah jadi kreatif dan survive ya. Sama aku pun mulai dikit-dikit mengambil peluang penghasilan melalui internet nih. Dengan rajin menulis di blog

    BalasHapus
  5. Bagi siapapun yang mau sedikit kreatif, dunia internet adalah ladang rejeki yang sangat luas. Apalagi pandemi ini seperti memaksa kita semua untuk mau melek teknologi. Tinggal disesuaikan dengan passion aja mau dapat penghasilan lewat internet dengan jalan yang mana.
    Btw sukses ya mba dengan lombanya, semoga jadi pemenang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah berani ikutan lomba dan belum menang

      Hapus
  6. Alhamdulillah banyak peluang mencari penghasilan untuk blogger. Saya pernah juga jualan online, tapi lebih enjoy jadi blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya banget, meski hasil nulis juga belum banyak

      Hapus
  7. Bener banget mba, berasa banget semenjak pandemi jadi nemuin hobi dan passsion baru yang bisa dikerjain dirumah, syukur-syukur nambah penghasilan hihi

    BalasHapus
  8. Setuju banget mbak, sekarang ini banyak kegiatan dan pendapatan yang bisa didapatkan dengan cara online. Tinggal kreatifitas orangnya saja.

    BalasHapus
  9. Jadi inget waktu pertama nulis blog, awalnya karena pengen sharing aja dengan review-review produk atau cerita waktu main ke suatu tempat. Nggak nyangka dari blog itu ternyata bisa menghasilkan juga, alhamdulillah..

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah udah ngerasin enaknya punya penghasilan dari internet. Misalnya jualan online, kalo aku jual madu dan buku. Secara aku paling malu kalo harus jualan lewat mulut. Selain itu juga ngeblog, alhamdulillah meski receh bisa buat perpanjangan domain.

    BalasHapus
  11. Banyak peluang ya Mba dengan memanfaatkan internet, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Internet sangat membantu untuk survive secara ekonomi entah untuk jualan atau ngeblog. Semoga sukses ya Mba lombanya.

    BalasHapus
  12. Ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk memperoleh penghasilan, bahkan di masa pandemi sekalipun. Semoga semuanya bisa dimampukan untuk terus mendapatkan rejeki ya mba.

    BalasHapus
  13. saat pandemi ini internet banyak membantu kita untuk tetap berpenghasilan meski dari rumah ya mbak
    makanya harus terus belajar mencari semua peluang yg ada

    BalasHapus
  14. Senangnya..
    Dengan mencari passion kita yang sebenarnya, maka kita bisa dengan mudah menekuninya dan in syaa Allah rejekinya ada aja yaa, kak.

    BalasHapus
  15. Benar adanya jika berpenghasilan dari internet bisa jadi solusi saat pandemi. Di rumah saja dengan modal perangkat, internet, niat dan tekad...Insya Allah bisa. Termasuk fasilitas hosting dari Sahabat hosting yang akan membantunya

    BalasHapus
  16. bisa menang lomba blog merupakan salah satu impianku selama jadi blogger. soalnya hadiahnya besar dan bergengsi banget. selama ini lebih banyak berpenghasilan dari content placement. hihi.

    BalasHapus
  17. Bener banget ini mbak. Aku sejak pandemi malah membuka peluang penghasilan melalui internet. Jadi lebih eksis, karena banyak pelatihan dan webinar yang dilakukan secara online. Aku yang selama ini cuma di rumah mengurus anak, malah seakan terbuka jalan buat cari rejeki.

    BalasHapus