Minggu, 13 Juni 2021

Merawat Diri Menurut Ajaran Islam

 

 

Islam itu indah dan tidak menyarankan umatnya untuk mengabaikan hal tersebut. Make up dan merawat diri sesuai ajaran Islam juga dianjurkan. Bukan hanya karena ini ingin kelihatan cantik tetapi ada keutamaan lain yang akan diperoleh.

Apa dan bagaimana sebenarnya Islam memandang make up dan perawatan diri? Yuk, diintip beberapa hal di bawah ini.

Batasan Merawat Diri Sesuai Ajaran Islam

Apa yang Temans bayangkan jika melihat seorang muslimah menggunakan baju “kucel’ dan muka kusam? Apalagi ditambah bau badan yang menyengat?

Wah.. Sepertinya tidak ada yang mau mendekati ya?

Pandangan orang lain kepada muslimah berhijab dan Islam juga menjadi rendah. Tidak mau bukan, jika itu terjadi?

Oleh karena itu, pada dasarnya Islam membolehkan muslimah merawat diri selama tidak berlebihan. Apalagi pada dasarnya pakaian takwa lebih baik daripada sekadar kecantikan wajah dan perhiasan.

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (Qs Al Araf : 26)


Jadi, cantik yang dimaksud dalam ajaran Islam adalah wanita yang menggunakan hijab alias menutup aurat, berakhlak baik, rajin dalam beribadah, dan menjalankan kewajibannya dalam keluarga.

Merawat diri yang dimaksud adalah menjaga kebersihan diri dan tidak merusak yang sudah diberikan dan diciptakan Allah Swt.

Lalu bagaimana batasannya? Berikut uraiannya secara singkat.

1. Mempercantik Diri sebagai Bentuk Ibadah

Mempercantik dan merawat diri sesuai ajaran Islam sebagai bentuk meningkatkan ibadah dan rasa syukur kepada Allah Swt.

Jika Temans tidak merawat kebersihan dan kesehatan segala sesuatu yang dimiliki, pertanda tidak mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

2. Bagian dari Menjaga Hubungan dengan Orang Lain

Seperti ilustrasi yang digambarkan di atas, seseorang yang sebenarnya baik dapat dijauhi karena bau badan yang menyengat atau berpakaian tidak rapi.

Muslimah merawat diri sebagai bagian dari menjaga hubungan dengan orang lain dan membuat orang lain merasa nyaman dengan Temans. Berpakaian rapi dan indah dipandang dibolehkan asal tidak melanggar syariat. Tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan membuka aurat.

3. Tidak Berlebihan dan Menjadi Diri Sendiri

Ajaran Islam mengajarkan muslimah untuk merawat diri, bukan untuk pamer atau istilahnya riya. Bukan pula sengaja menarik perhatian laki-laki yang bukan muhrimnya alias tabbaruj.

Pakailah make up sesuai tempatnya dan tidak membuat wajah berubah dari aslinya. Kenakan pakaian sopan.

Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus". (Qs Al Ma'dah :77)

4. Sesuai Syariat

Merawat diri menurut ajaran Islam dan mempercantiknya harus sesuai dengan syariat Islam.

Di atas telah disebutkan, cantik dan syar’i adalah dengan menutup aurat. Selain itu, meniatkan perawatan diri sebagai bentuk ibadah, menjaga hubungan baik dengan orang lain, dan tetap menjadi diri sendiri atau tidak berlebihan.

Ada beberapa hal yang dilarang oleh Islam untuk dilakukan, seperti mencukur alis dan menggambarnya.

Merawat Diri dengan Skincare yang Tepat




Berdasarkan hal di atas, Islam tidak melarang Teman menggunakan skincare asalkan sesuai dengan syarat tidak mengubah apa yang Allah ciptakan. Selain itu, kehalalan bahan yang digunakan juga harus diperhatikan. Ini dikarenakan, skincare diaplikasikan ke kulit dan dapat meresap masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori.

Dari sekian skincare dan make up yang kini banyak beredar, Temans dapat memilih Mirdah. Pilihan ini akan menjawab kebutuhan muslimah modern yang ingin mewujudkan kecantikan sesuai fitrah.

Mirdah sendiri merupakan nama yang populer untuk anak perempuan muslimah. Artinya, orang yang berani, cerdas, dan pekerja keras. Sesuatu yang diharapkan ada pada muslimah yang menggunakannya.

Mirdah, Beauty Solution sementara ini terdiri dari day cream, moist and glow serum, dan dan Facial Wash.

Buat Temans yang ingin tahu produk ini lebih jauh, tunggu postingan selanjutnya tentang merawat diri menurut ajaran Islam ya! Salam Bahagia!

12 komentar:

  1. Memang kewajiban kita untuk merawat diri secara baik, benar, dan sesuai koridor agama ya Mba.

    Terima kasih banyak utk sharing-nya.
    super duper bermanfaat

    BalasHapus
  2. Mirdah produk baru yg kali ini baru saya ketahui. Tapi ada glow serumnya juga ya jadi mau coba serumnya juga

    BalasHapus
  3. Baru tahu aku mba produk Mirdah. Senang ada bermunculan produk-produk yang sesuai kaidah Islam ya, insya Allah

    BalasHapus
  4. Wah, ini produk baru ya mbak? Baru denger kali ini. Apa sudah ada BPOM nya mbak? Biar lebih aman gitu pakainya :)

    BalasHapus
  5. Kita memang harus merawat diri ya terutama untuk menghargai pemberian Allah dan membuat hati sendiri senang. Dg merawat diri kita juga dapat merasa lebih berharga

    BalasHapus
  6. Karena Allah indah dan menyukai keindahan ya Mbak. Asal masih sesuai syariat, merawat diri justru dianjurkan untuk memelihara pemberian Allah.

    BalasHapus
  7. setuju mbak
    merawat diri dgn memakai skincare yg halal pastinya menjadi bentuk syukur kita kepada Allah yg telah menciptakan ya

    BalasHapus
  8. Nunggu postingan selanjutnya ya mba, ingin tau lebih lanjut produk-produk Mirdah ini. Tetap harus melakukan perawatan dong agar kulit kita tetap sehat ya.

    BalasHapus
  9. Terima kasih pencerahannya, saya menyimak artikel selanjutnya untuk review produk Mirdah karena baru dengar :)

    BalasHapus
  10. Sepertinya baru ya produk Mirdah ini baru dengar saya kalau lihat ulasannya bagus juga ya produknya..pastinya karena terdapat kandungan bahan yang membuat kulit senantias sehat ya

    BalasHapus
  11. Merawat diri adalah sebagai bentuk rasa bersyukur atas nikmat yang Allah limpahkan kepada ummatNya.
    MashaAllah~
    indah kalau setiap wanita bisa pintar merawat diri tidak hanya rupa tapi juga hatinya.

    Tabarakallahu..

    BalasHapus
  12. Kosmetik yang halal adalah hal paling utama yang dicari wanita muslimah. Makin kesini makin banyak merk kosmetik yang bermunculan.

    Gak sabar nunggu postingan selanjutnya.

    BalasHapus