Jumat, 20 April 2018

Langkah Menuju Sukses Bagi Perempuan Indonesia

Peringatan Hari Kartini, 21 April 2018 (1)

Hampir semua orang Indonesia bisa dikatakan mengenal atau minimal pernah tahu tentang R.A Kartini.  Salah satu sosok perempuan Indonesia yang menginspirasi banyak orang.  Terlepas dari kontroversial peringatan hari Kartini, tidak dapat dipungkiri bahwa saat peringatannya banyak orang kemudian banyak berpikir tentang peran perempuan Indonesia.

Tak ketinggalan Telkom Corporate University menyelenggarakan bedah buku dua perempuan, yang salah satunya dari Indonesia.  Bedah buku yang ditayangkan dalam live video menampilkan 3 nara sumber.  Tiga perempuan Indonesia yang berperan lebih dari tiga peran utama, yaitu peran sebagai isteri, sebagai ibu, dan sebagai anak.

Di kesempatan pertama, Dr Astri Ghina, S.Si M.S.M membuat kesimpulan yang hampir mirip dari kedua buku yang dibedah.  Buku pertama berjudul Girl Code : Unlocking The Secret To Success, Sanity, and Happiness. Sedangkan buku kedua adalah Merry Riana Langkah Sejuta Sulih, The True Story.

Secara umum, benang merah dari kedua buku yang disebut sebagai langkah menuju sukses bagi perempuan Indonesia.

1.Menetapkan Visi

Setiap perempuan hendaknya mempunyai misi yang jelas tentang kehidupannya. Bukan sekedar menjalani kehidupan seperti air mengalir.  Visi tersebut adalah sesuatu hal yang kita yakini akan menjadi kenyataan.   Visi kemudian harus melahirkan actionnya, di mana setiap kehidupan harus mempunyai agenda pencapaian yang positif.  Akhirnya, masa depan juga positif.
Visi dan action nantinya berkolaborasi dengan passion, agar bisa menghasilkan kesuksesan yang membahagiakan.

2.Berani mengambil resiko

Banyak orang tidak berani menggapai mimpi karena senang hidup di zona nyaman.  Tidak berani ambil resiko.  Padahal orang yang demikian justru mempunyai resiko paling besar.  Zona nyaman tidak selamanya ada dan kita seharusnya siap menghadapi.

3.Konsistensi

Langkah selanjutnya setelah menentukan visi, action, dan berani mengambil resiko adalah konsistensi.  Untuk sukses, konsistensi memegang peranan penting, meskipun tidak mudah.  Tetapi semua kegagalan dan kejadian yang menyakitkan dapat dijadikan poin untuk membangkitkan diri.

4.Menciptakan Lingkungan yang Baik

Tidak dapat dipungkiri bahwa perempuan termasuk orang yang mudah terpengaruh.  Oleh karena itu, komunitas dan lingkungan yang baik diperlukan untuk sukses.  Lingkungan yang selalu mendukung dan memotivasi.

5.Wonen Empowering Women

Hendaknya sesama perempuan saling membantu dalam mewujudkan kesuksesan.  Bukan menjadi pesaing.  Dengan demikian, setiap perempuan harus open mind dan siap menerima kritik.

Demikian sedikit uraian yang bisa saya pahami dari Dr Astri, seorang Enterpreunership Education dan Busines Coach.  Langkah menuju sukses bagi perempuan Indonesia secara umum dan muslimah khususnya.  Sukses yang menyeluruh, dunia dan akhirat.  Aamiin.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar